Selasa, 15 Oktober 2013

JENIS SISTEM INFORMASI

Sistem Operasi iOS

iOS adalah sistem operasi yang terdapat pada produk-produk yang diciptakan perusahaan terkenal apple. iOS awalnya hanya dikembangkan untuk Iphone. Namu sekarang sudah diperluas untuk perangkat apple yang lainnya seperti iPod Touch, iPad, dan apple TV. iOS adalah sistem operasi yang diciptakan dengan segala kekurangan. Bukan berarti banyak masalah atau bug yang terdapat pada sistem operasinya. Tapi kekurangan yang terdapat pada feature-feature yang tersedia di dalam sistem operasinya. Antarmuka pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung menggunakan gerakan multisentuh. Elemen kontrol antarmukanya meliputi slider, switch, dan tombol. Interaksi dengan SO ini mencakup gerakan seperti gesersentuhjepit, dan jepit buka, masing-masing memiliki arti tersendiri dalam konteks sistem operasi iOS dan antarmuka multisentuhnya. Akselerometerinternalnya dipakai oleh sejumlah aplikasi agar bisa merespon terhadap pengguncangan alat (misalnya membatalkan tindakan) atau memutarnya dalam tiga dimensi (misalnya beralih dari mode potret ke lanskap).
iOS diturunkan dari OS X, yang memiliki fondasi Darwin dan karena itu iOS merupakan sistem operasi Unix. iOS adalah versi bergerak dari sistem operasi OS X yang dipakai di komputer-komputer Apple.
Di iOS, ada empat lapisan abstraksi, yaitu Core OS, Core Services, Media, dan Cocoa Touch. Versi terbaru sistem operasi ini (iOS 6.0) menyisihkan 1-1,5 GB memori perangkat bergerak untuk partisi sistem dengan memakai 800 MB partisi (tergantung model) untuk iOS-nya saja.

Berikutnya adalah Kekurangan dan Kelebihan yang terdapat pada sistem operasi iOS pada iPod Touch :
  • Kelebihan:
- Sulit terserang Virus.
- User Friendly.
- Memiliki tampilan yang bagus.
- Tersedia aplikasi yang bagus. anda dapat mendowload nya di iTunes menggunakan acoount iTunes free atau berbayar yang anda miliki.
- ukuran memory internal yang cukup besar. 8GB, 16GB, 32GB, 64GB.
- UpGrade FW yang relatif mudah.
  • Kekurangan:
- Harga relatif mahal.
- Memory yang tersedia tidak bisa ditambah sesuai keinginan kita.
- Tampilannya tidak bisa diubah-ubah sesukai hati. kecuali iPod anda sudah di hack. namun itu melanggar hukum. jika diketahui oleh pihak apple, maka garansi anda akan hilang.
- Membuat anda lupa waktu, karena gamenya bagus, sangat menyenangkan, dan banyak.
- kualitas suara yang dihasilkan speaker outputnya sangat kecil.
Beberapa hari lalu Apple merilis Sistem Operasi baru mereka yaitu iOS 5.  Upgrade sistem operasi Apple ke iOS 5 ini akan membawa beberapa perubahan mulai dari fitur serta aplikasinya

Fitur Baru Apple iOS 5 di iPad
1.  Gestur Layar sentuh multi terbaru.
Hanya dengan menggunakan empat atau lima jari, anda bisa menggunakan multitasking bar.  Anda tinggal menyentuh dengan empat atau lima jari ke kiri atau ke kanan, akan membuat multitasking bar ini berfungsi
2.  Keyboard yang yang terpisah.
Disini terdapat fitur sembunyikan dan drag keyboard, yang dapat mengatur dan memisahkan keyboard di layar sesuai dengan keinginan anda.  Fitur ini akan membuat anda dengan mudah mengatur tombol Keyboard iPad sesuai dengan keinginan anda, tinggal sembunyikan, dan atur posisi keyboard dengan mudah.
3.  Notifikasi / Pemberitahuan
di Fitur Baru Apple iOS 5 ini letak pemberitahuan atau notification terdapat di tengah layar iPad anda.  Hal ini untuk memudahkan anda untuk melihat pemberitahuan terbaru yang masuk.  Pemberitahuan ini bersifat pop up, sehingga sangat mudah dan pesan pemberitahuan yang diterima akan dengan jelas terbaca.


4.  Internet Browser
iOS 5 ini sudah terpasar Internet browser Safari, browser juga terdapat tambahan tabs baru sehingga tampilannya seperti internet browser di komputer desktop.  Dengan ini anda akan dengan cepat untuk mengganti dan menambah halaman website baru.
5.  Memudahkan anda untuk membaca di browser internet dengan reader view
Dengan menggunakan internet browser safari di iOS 5 ini, semakin mempermudah anda untuk membaca.  Pada saat membaca suatu artikel di website dapat dengan mudah dirubah penampilannya ke reader view, dengan tampilan teks dan gambar yang lebih jelas.
6. Fitur iMessage
Pada akhirnya Apple merilis fitur pesan baru di iOS 5 untuk iPad ini.  Dengan adanya iMessage ini akan mempermudah teman-teman untuk mengirim pesan dan membuat group messaging, membaca pesan, membagikan foto / video, seperti halnya Blackberry Messangger.
7.  Photostream
Di dalam fasilitas iPad photo apps,  dapat digunakan untuk  memodifikasi gambar dari kamera iPhones anda.
8. Email dan Kalender
Fitur email terbaru di sistem operasi apple terbaru support richt text ketika menulis email.  Ketika menulis email anda dapat menggunakan bold (tebal), italics (miring), underlining (garis bawah).  Kalender di iOS 5 juga ditambah animasi-animasi yang menarik.
9.  Newsstand
yaitu semacam lemari yang menampilkan koleksi majalah dan koran digital.   Dengan ini anda akan dengan mudah memilih majalah dan koran digital apa yang akan dibaca.


10. Typing shortcuts
Adanya fitur typing shortcuts akan memudahkan untuk mengetik.  Tinggal setting saja shortcuts untuk fitur mengetik ini.

11.  Integrasi Twitter
Sistem Operasi terbaru Apple ini sudah terintegrasi Twitter, sehingga memudahkan para pengguna mikroblogging ini untuk membaca atau menuliskan sesuatu di twitter anda.  Twitter ini juga sudah terintegerasi dengan browser Safari, mail, maps, youtube dan aplikasi lainnya.  Sehingga memudahkan untuk sharing maps, video, foto, text di twitter anda.
12.  Kamus Global
 Disini kita bisa mencari arti kata dan kamus bahasa tertentu.

Nama: Ester Valentin
NPM: 22213984
Kelas: 1EB18
Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar