Lingkungan Pemasaran
adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar
pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan
mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan
harus terus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan
lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari
lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi
tantangan dan peluang pasar yang baru.
Lingkungan Pemasaran terdiri dari:
- Lingkungan
Mikro Perusahaan
Lingkungan Mikro Perusahaan merupakan pelaku yang
dekat dengan perusahaan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani
pelanggannya.Lingkungan mikro perusahaan terdiri dari: perusahaan, pemasok,
perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing, dan masyarakat.
- Perusahaan
Dalam merancang rencana pemasaran, manajemen
pemasaran memperhitungkan kelompok dalam perusahan seperti manajemen puncak,
keuangan, riset dan pengembangan, pembelian, operasi, akuntasi. Semua kelompok
saling berhubungan membentuk lingkungan internal. Kelompok-kelompok ini bekerja
sama secara harmonis untuk memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang unggul.
- Pemasok
Pemasok membentuk hubungan penting dalam keseluruhan
system penghantar nilai perusahaan. Pemasok menyediakan sumber daya yang
diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasanya. Masalah
pemasok sangat mempengaruhi pemasaran karena apabila pemasok masalah akan
mengurangi penjualan perusahaan dan mengurangi nilai kepuasan pelanggan.
- Perantara
Pemasaran
Perantara pemasaran membantu perusahaan
mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produknya ke pembeli akhir.
Perantara pemasaran meliputi penjual perantara, perusahaan distribusi fisik,
agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan.
- Penjual
perantara adalah perusahaan saluran distribusi yang membantu perusahaan
menemukan pelanggan atau melakukan penjualan untuk perusahaan. Penjual
perantara diliputi pedagang grosir dan pengecer.
Perusahaan distribusi fisik membantu perusahaan
menyimpan dan memindahkan barang-barang perusahaan dari titik asalnya ke tempat
tujuan.
Agen jasa pemasaran adalah firma riset pemasaran,
agen periklanan, perusahaan media, dan firma konsultan pemasaran yang membantu
perusahaan menetapkan target dan mempromosikan produk perusahaan pada pasar
secara tepat.
Agen jasa pemasaran adalah firma riset pemasaran,
agen periklanan, perusahaan media, dan firma konsultan pemasaran yang membantu
perusahaan menetapkan target dan mempromosikan produk perusahaan pada pasar
secara tepat.
- Pelanggan
Perusahaan harus mempelajari lima jenis pasar
pelanggan secara lebih dekat:
Pasar Konsumen terdiri dari perorangan dan keluarga
yang membelibarang dan jasa untuk konsumsi pribadi.
Pasar Bisnis membeli barang dan jasa untuk
pemrosesan lebih lanjut atau untuk digunakan dalam proses produksi perusahaan.
Pasar Penjual Perantara membeli barang dan jasa
untuk dijual kembali demi mendapatkan laba.
Pasar Pemerintah terdiri dari badan-badan pemerintah
yang membeli barang dan jasa untuk menghasilkan pelayanan umum.
Pasar Internasional terdiri dari para pembeli di
negara lain, termasuk konsumen, produsen, penjual perantara, dan pemerintah.
Pesaing
Konsep pemasaran yang berhasil apabila perusahaan
dapat menyediakan nilai dan kepuasan pelanggan yang lebih besar daripada
pesaing. Oleh karena itu, perusahaan harus menyesuaikan pemasaran dengan
kebutuhan konsumen sasaran. Perusahaan juga harus memiliki strategi penawaran
yang lebih kuat dari penawaran pesaing dalam pikiran konsumen.
Masyarakat
Masyarakat adalah kelompok yang mempunyai potensi
kepentingan atau kepentingan nyata, atau pengaruh pada kemampuan organisasi
untuk mencapai tujuannya. Ada tujuh tipe masyarakat: Masyarakat keuangan,
masyarakat media, masyarakat pemerintah, masyarakat Lembaga Swadaya Masyarakat,
masyarakat local, masyarakat umum, masyarakat internal. --103.10.66.1 11
Oktober 2011 11.15 (UTC)
Lingkungan Makro Perusahaan
Lingkungan Makro perusahaan merupakan kekuatan
social yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro perusahaan.
Lingkungan makro perusahaan terdiri dari: Lingkungan demografis, ekonomi, alam,
teknologi, politik, dan budaya.
Lingkungan Demografis
Demografi adalah studi kependudukan manusia
menyangkut ukuran, kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin, ras, lapangan kerja,
dan data statistic lain. Lingkungan demografi menjadi minat utama perusahaan
karena lingkungan demografis menyangkut masyarakat, dan masyarakat membentuk
pasar.
Lingkungan Ekonomi
Lingkungan ekonomi adalah factor-faktor yang
mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran konsumen. Suatu bangsa mempunyai
tingkat dan distribusi pendapatan yang sangat beragam. Sejumlah negara
mempunyai ekonomi subsisten-negara mengkonsumsi hasil pertanian dan industrinya
sendiri. Negara-negara menawarkan peluang pasar yang kecil. Ekonomi
industry-menawarkan pasar yang kaya untuk berbagai jenis barang yang berbeda.
Lingkungan Alam
Lingkungan alam memperlihatkan kekurangan potensial
dari bahan baku tertentu, biaya energi yang tidak stabil, tingkat populasi yang
meningkat, dan gerakan “hijau” yang berkembang untuk melindungi lingkungan.
Lingkungan Teknologi
Lingkungan teknologi adalah kekuatan yang
menciptakan teknologi baru, menciptakan produk, dan peluang pasar, yang baru.
Teknologi telah menciptakan benda-benda yang mengagumkan seperti antibiotic,
pembedahan robotic, alat-alat elektronik mini, komputer, laptop, dan internet.
Dengan adanya teknologi baru maka akan menciptakan pasar dan peluang baru.<
Lingkungan Politik
Keputusan pemasaran sangat dipengaruhi oleh
perkembangan-perkembangan dalam lingkungan politik. Lingkungan politik terdiri
dari hukum, badan pemerintah, dan kelompok LSM yang mempengaruhi atau membatasi
berbagai organisai dan individu di dalam masyarakat tertentu.
Lingkungan Budaya
Lingkungan budaya terdiri dari institusi dan
kekuatan lain yang mempengaruhi nilai dasar, persepsi, selera, dan perilaku
masyarakat. Manusia tumbuh dalam masyarakat tertentu yang membentuk keyakinan
dan nilai dasarnya. Karakteristik budaya yang mempengaruhi pengambilan
keputusan pemasaran adalah: Keteguhan pada nilai-nilai budaya dan perubahan
dalam nilai budaya sekunder
d.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_Pemasaran
infonya bagus
BalasHapusBerita Liga Inggris