Kamis, 05 Desember 2013

Langkah-langkah membuat Mail Merge menggunakan openOfficeWriter

Nama       : Ester Valentin
NPM       : 22213984
KLS        : 1EB18


Langkah-langkah

  1. Tuilis dulu surat yang akan kita buat
  2. Pilih menu Tools – Mail Merge Wizard
Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini




  1. Kemudian muncul beberapa pilihan untuk menentukan dokumen yang akan  dijadikan halaman utama dokumenyg telah dibuat sebelumnya yaitu contoh surat.odt. lalu pilih “Start from exitsing document” lalu klik tombol Browse untuk menentukan posisi dokumen yang telah disimpan sebelumnya.




  1. Kemudian klik next
  2. Selanjutnya pada menu dokumen type lalu pilih “Letter”. Kemudian klik next



  1. Pada menu jendela selanjutnya adalah tahap memasukan alamat ( Insert Addres Block)
Namun pada tahap ini ada 4 langkah yang harus di kerjakan terlebih dahulu
Berikut ini langkah-langkahnya:
·         Langkah 1 adalah memilih data source yang telah kita miliki sebelumnya dengan mengklik tombol “select addres list



·         Kemudian akan muncul jendela pilihan address list yang akan digunakan. Kemudian masukan address list yang kita buat dengan me-klik tombol “add”



·         Kemudian pilih dokumen yang tadi kita buat nama file yang tadi dibuat nama alamat.odb.maka akan tampil gambar seperti dibawah ini




·         Lanngkah ke 2 yaitu menentukan format address block .klik more untuk menentukan alamat yang akan tampil .maka akan muncul gambar seperti dibawah ini




·         Selanjutnya tentukan fields-fields yang ingin digunakan dan dicetak pada dokumen .sesuaikan urutan fields yang ada dengan menekan tombol atas,bawah,kiri,atau kanan yang ada pada jendela dialog




·         Langkah ke 3 adalah menentukan field-field pada wizard dengan kolom-kolom pada tabel . klik match field untuk melakukan hal tersebut





·         Selanjutnya akan muncul penyesuaian antara tabel dengan field-field yang tersedia. Kemudian klik OK.
·         Langkah ke 4 adalah melihat hasil yang telah dibuat sebelumnya .lalu klik next




  1. Pada menu selanjutnya adalah menentukan apakah dokumen yang diinginkan juga mengandung kata-kata pembuka . kita dapat melakukannya dengan me-klik tombol create salution jika tidak ingin menggunakan kata pembuka cukup hilangkan cheaklist yang ada pada jendela dialog
  2.  Sebelum mencetak dokumen ada menu pilihan untuk mengedit dokumen namun bila tidak  ingin mencetak dokumen cukup klik next



  1. Menu ini adalah untuk membuat halaman khusus didalam halaman mail merge .jika tidak ingin memiliki halaman khusus kita langsung klik next




  1. Langkah terakhir adalah mencetak document .dapat mencetak dalam bentuk file atau langsung mencetak ke kertas


Ini merupakan hasil surat yang dibuat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar