Sabtu, 14 Desember 2013

Pemanfaatan Daun Kelor Terhadap Kolesterol




Pada umumnya kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dikarenakan kolesterol dalam tubuh bisa membuat hormon dan vitamin D ,serta merupakan bagian asam empedu yang memecah lemak dalam sistem pencernaan.
Sebenarnya ,kebutuhan kolesterol dalam tubuh sudah tercukupi oleh lemak yang diproduksi oleh hati. Namun jika mengkonsumsi makanan lemak jenuh berkadar tinggi ,hati akan memproduksi kolesterol lebih banyak lagi. Kolesterol yang berlebih dan tak digunakan sesuai fungsinya akan bercampur dalam darah ,sehingga menyebabkan penyakit kolesterol.

Kadar kolesterol yang berlebihan dalam darah dapat menimbulkan endapan-endapan lemak yang menempel pada dinding pembuluh darah sekaligus membentuk bekuan dan plak yang menyumbat arteri . hal ini bisa memutuskan aliran darah ke jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung ,bahkan menghambat peredaran darah menuju ke otak yang memicu penyakit stroke.
Penelitian tentang daun kelor membuktikan bahwa efek dari ekstrak kelor sebanding dengan obat atenolol dalam menurunkan kadar lemak dalam tubuh  tikus. Penelitian ini masih banyak dilakukan terutama yang terkait peran i2 sitosterol,senyewa bioaktif yang terkandung dalam daun kelor.

Adapun cara penggunaan daun kelor untuk penyakit kolesterol adalah sebagai berikut :

Bahan yang dibutuhkan
3-5 gagang daun kelor

Cara meramu

  1. Rebuslah daun kelor dengan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya
  2. Saringlah air rebusan tersebut
  3. Lalu sajikan dan minum selagi hangat

Minum 2 kali sehari secara rutin




1 komentar: