Konsep marketing merupakan salah
satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik peluang usaha
baru maupun usaha yang telah lama dirintis, baik usaha kecil maupun usaha yang
telah berkembang sekalipun. Semuanya membutuhkan konsep marketing untuk
mengembangkan usaha yang dijalankan. Berbicara tentang konsep marketing, maka
sesungguhnya kita sedang membicarakan bagaimana strategi pemasaran produk yang
kita jual.
Hal itu pulalah yang dihadapi
oleh usaha kecil yang saat ini banyak bermunculan. Merencanakan strategi
pemasaran yang tepat untuk menarik minat konsumen pada usaha kecil masih
sangatlah sulit. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha
kecil tentunya dengan fokus pada strategi pemasaran.
Dengan terbatasnya anggaran
marketing yang dimiliki usaha kecil, bukan berarti menjadikan usaha kecil kalah
dengan usaha skala besar. Untuk itu kita harus lebih kreatif dengan anggaran
biaya yang minim untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat. Berikut
beberapa cara untuk mengoptimalkan pemasaran dengan anggaran terbatas :
- Bekerjasama dengan
pengusaha atau rekan Anda untuk pemasangan iklan
- Mencoba mengirimkan
penawaran produk kepada pelanggan serta memberikan potongan harga untuk
paket pembelian tertentu.
- Perkenalkan produk dan
usaha Anda melalui media gratis, hal ini akan membantu pencarian para
konsumen tentang produk yang Anda tawarkan. Misalnya saja publikasi
melalui internet.
- Libatkan lingkungan yang
ada disekitar usaha Anda, dalam salah satu kegiatan yang usaha Anda
laksanakan. Ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara publikasi gratis
kepada masyarakat sekitar.
Selain itu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam
menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil yaitu sebagai berikut :
1. Konsistensi
Dengan adanya konsistensi
terhadap semua area marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan
meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
2. Perencanaan
Perencanaan konsep marketing yang
akan dijalankan usaha kecil sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang
diperoleh.
3. Strategi
Strategi merupakan dasar untuk
kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan, misalnya siapa target
pasar, bagaimana usaha kecil membidik pelanggan, dan bagaimana cara menjaga
konsumen yang ada sebagai pelanggan tetap.
4. Target Market
Mendefinisikan secara tepat
pangsa pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang
akan dimasuki.
5. Anggaran
Menghitung anggaran marketing
merupakan bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan. Dari
anggaran yang dibuat, dapat dipersipkan dana yang akan dibutuhkan untuk
pemasaran.
6. Marketing Mix
Marketing mix biasanya dijelaskan
sebagai produk, harga, tempat, dan promosi.
7. Website
Saat ini bisnis apapun termasuk
usaha kecil usahakan memiliki website . Sehingga informasi produk melalui
website pun sangat mendukung peningkatan jumlah pelanggan yang tertarik dengan
produk yang dibuat.
8. Branding
Branding adalah bagaimana
konsumen menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut.
9. Promosi dan iklan
Promosi dan iklan merupakan
konsep marketing yang harus dipertimbangkan pada berbagai bsnis dan produk,
termasuk pada usaha kecil.
10. Customer Relationship Management
Pengelolaan hubungan dengan
pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen
yang loyal dan konsisten.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusinfonya berguna sekali terima kasih
BalasHapusStrategi pemasaran
mantap sharenya
BalasHapusTanda tanda Kehamilan