Selasa, 28 Maret 2017

Review Jurnal 10 (Perencanaan & Pengendalian Manajerial)


Jurnal 10
Judul penelitian
PENGARUH PENGENDALIAN INTERN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA MANAJERIAL
Nama peneliti
A.A. Lina Triadi, I.D.G Dharma Suputra
Tahun penelitian
2016
Tujuan
1)      Untuk menganalisis pengaruh pengendalian intern terhadap kinerja manajerial.
2)      Untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance terhadap kinerja manajerial.
Variabel yang digunakan
·         Kinerja Material
·         Pengendalian Intern
·         Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance
Metode penelitian
Penelitian ini di lakukan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. Cabang Denpasar, yang berlokasi di Jalan Gajahmada Denpasar. Penelitian ini dilakukan dengan Objek penelitian adalah kinerja manajerial PT. Bank   Rakyat Indonesia (persero) Tbk. Cabang Denpasar, yang berlokasi di Jalan Gajahmada Denpasar. Dalam penelitian ini data primer diperoleh dengan membagikan kuisioner kepada responden yang berisi pertanyaan tentang pengendalian intern, Good Corporate
Governance, dan kinerja manajerial. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampel jenuh. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik. Analisis data menggunakan uji statistik regresi berganda.
Hasil
Berdasarkan     hasil    tersebut    dapat    diperoleh     persamaan     regresi berganda sebagai berikut:
Y= 11,439 + 0.308X1 + 0,142X2 + e……………………(1)
1)      Hasil penelitian menemukan bahwa variabel pengendalian intern (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Y) yaitu kinerja manajerial. Kenyataan ini sejalan dengan tujuan dari pengendalian intern sendiri yakni untuk memberikan keyakinan memadai tentang pencapaian tujuan perusahaan, keandalaan pelaporan keuangan, dan kepatuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku.

2)      Hasil penelitian menemukan bahwa variabel Good Corporate Governance (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variable dependen (Y) yaitu kinerja manajerial. Dari hasil penelitian tersebut memberikan indikasi bahwa semakin baik pelaksanaan Good Corporate Governance maka akan memberikan implikasi terhadap semakin baiknya kinerja manajerial.
Kesimpulan
1)      Pengendalian intern menunjukan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. Artinya bahwa semakin baik pelaksanaan pengendalian intern maka semakin baik pula kinerja manajerial. 

2)      Good Corporate Governance   menunjukan pengaruh    positif   dan signifikan terhadap kinerja manajerial.  Hasil  ini disimpulkan bahwa semakin baik pelaksanaan Good Corporate Governance semakin baiknya kinerja manajerial. 
Pendapat Mengenai Jurnal
Penelitian ini sudah sangat baik dan jelas penjelasannya dalam membahas tentang pengaruh pengendalian intern dan penerapan
prinsip-prinsip Good Corporate Governance terhadap kinerja manajerial. Tetapi terdapat kekurangan pada penelitian ini yaitu menggunakan populasinya yang sedikit seharusnya dapat menggunakan populasi yang lebih besar sehingga hasilnya dapat
digeneralisasi dan dapat membantu dalam pengambilan keputusan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar