Selasa, 28 Maret 2017

Review Jurnal 9 (Analisis Laporan Keuangan Internasional)


Jurnal 9
Judul penelitian
PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATWAKTUAN PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA PADA EARNING RESPONSE
COEFFICIENT
Nama peneliti
I Gusti Ayu Ratih Permata Dewi, I Ketut Yadnyana, I Putu Sudana
Tahun penelitian
2016
Tujuan
1)      Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan.
2)      Untuk mengetahui ukuran perusahaan terhadap ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan.
3)      Untuk mengetahui  pengaruh ketepatwaktuan pada earning response coefficient.
4)      Untuk mengetahui  pengaruh profitabilitas pada earning response coefficient.
5)      Untuk mengetahui  pengaruh ukuran perusahaan pada earning response coefficient.
Variabel yang digunakan
·         Profitabilitas  
·         Ukuran Perusahaan
·         Ketepatwaktuan
·         Earnings Response Coefficient
Metode penelitian
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Pengambilan sampel digunakan dengan metode nonprobability sampling yang dipilih menggunakan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu.  Adapun kriteria pemilihan sampel adalah sebagai berikut: 

1) Perusahaan yang tepat waktu menyampaikan laporan keuangan secara berturut-turut untuk periode 2012-2014; 
2) Perusahaan yang laporan keuangannya telah diaudit dan disertai dengan laporan auditor independen untuk periode 2012-2014; 
3) Laporan keuangan perusahaan dengan tahun buku yang berakhir pada periode 31 Desember; 
4) Perusahaan tidak mengalami kerugian selama periode estimasi; 5)Laporan keuangan perusahaan tersebut menyajikan informasi sesuai dengan variabel yang digunakan dalam penelitian ini, dan menggunakan mata uang rupiah. 

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Model dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan sehingga membentuk sistem persamaan. Sistem persamaan ini ada yang menamakan sistem persamaan simultan atau juga ada yang menyebut model struktural. Mengingat model tersebut dikembangkan untuk menjawab permasalahan penelitian serta berbasis teori dan konsep, maka dinamakan model hipotetik. 
Hasil
1)      Hasil pengujian menunjukkan variabel profitabilitas memiliki koefisien regresi positif sebesar 0.570 dengan tingkat signifikansi 0.000 lebih kecil dari α  (5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif pada ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan. 

2)      Hasil pengujian menunjukkan variabel ukuran perusahaan memiliki koefisien regresi positif sebesar 0.420 dengan tingkat signifikansi 0.000 lebih kecil dari α (5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif pada ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan.

3)      Hasil pengujian menunjukkan variabel ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan memiliki koefisien regresi positif sebesar 0,536 dengan tingkat signifikansi 0.006 lebih kecil dari α (5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan berpengaruh positif pada earning response coefficient. 

4)      Hasil pengujian menunjukkan variabel profitabilitas memiliki koefisien regresi negatif sebesar -0,419 dengan tingkat signifikansi 0,008 lebih kecil dari α  (5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif pada earning response coefficient.

5)      Hasil pengujian menunjukkan variabel ukuran perusahaan memiliki koefisien regresi positif sebesar 0.692 dengan tingkat signifikansi 0.000 lebih kecil dari a (5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif pada earning response coefficient.
Kesimpulan
1)      Profitabilitas perusahaan berpengaruh positif pada ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan perusahaan. Perusahaan yang memiliki profitabilitas tinggi dapat dikatakan bahwa laporan keuangan perusahaan tersebut mengandung berita baik dan perusahaan yang mengalami berita baik akan cenderung menyerahkan laporan keuangannya tepat waktu.

2)      Ukuran perusahaan berpengaruh positif pada ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan perusahaan. Perusahaan besar cenderung menjaga image perusahaan di mata masyarakat, untuk menjaga image tersebut maka perusahaan-perusahaan besar berusaha menyampaikan laporan keuangan secara tepat waktu.

3)      Profitabilitas berpengaruh negatif pada earning response coefficient. Hal ini menandakan bahwa ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan memediasi pengaruh antara  profitabilitaspadaearning response coefficient. Investor akan bereaksi positif apabila informasi profitabilitas dalam laporan keuangan disampaikan tepat waktu. Sebaliknya, investor akan bereaksi negatif apabila hanya melihat informasi profitabilitas perusahaan saja.

4)      Ukuran perusahaan berpengaruh positif pada earning response coefficient. Hal ini menandakan bahwa investor akan bereaksi dengan melihatukuran perusahaannya saja tanpa memperhatikan perusahaan tersebut tepat waktu atau tidak dalam penyampaian laporan keuangannya.

5)      Ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan berpengaruh positif pada earning response coefficient.Semakin tepat perusahaan melaporkan laporan keuangannya, semakin meningkat keresponan laba perusahaan tersebut
Pendapat Mengenai Jurnal
Penelitian ini sudah sangat baik dan jelas penjelasannya dalam membahas tentang menguji pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan dan implikasinya pada earning response coefficient perusahaan di Indonesia, khususnya perusahaan manufaktur. Tetapi terdapat kelemahan dalam penelitian ini yaitu:
·         Penelitian ini hanya dilakukan pada satu jenis perusahaan saja, yaitu perusahaan manufaktur, sehingga hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasi untuk semua perusahaan. 

·         Penelitian ini juga hanya menggunakan perusahaan yang tepat waktu menyampaikan laporan keuangan sebagai sampel penelitian seharusnya peneliti dapat melakukan penelitian komparatif dengan memasukkan perusahaan yang tepat waktu dan tidak tepat  waktu untuk mengetahui pengaruhnya pada earning response coefficient

·         Penelitian ini hanya menggunakan satu ukuran kinerja keuangan perusahaan, yaitu profitabilitas. Selain profitabilitas, ukuran kinerja keuangan adalah rasio leverage, likuiditas dan aktivitas seharusnya peneliti dapat menambah variabel independen yang termasuk dalam kinerja keuangan dan diduga mempengaruhi earning response coefficient seperti leverage dan likuiditas.    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar