Jurnal
9
|
|
Judul penelitian
|
PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATWAKTUAN
PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA PADA EARNING RESPONSE
COEFFICIENT |
Nama peneliti
|
I Gusti Ayu Ratih Permata Dewi, I Ketut Yadnyana, I Putu Sudana
|
Tahun penelitian
|
2016
|
Tujuan
|
1) Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap ketepatwaktuan
penyampaian laporan keuangan.
2) Untuk mengetahui ukuran perusahaan terhadap ketepatwaktuan penyampaian
laporan keuangan.
3) Untuk mengetahui pengaruh ketepatwaktuan
pada earning response coefficient.
4) Untuk mengetahui pengaruh
profitabilitas pada earning response
coefficient.
5) Untuk mengetahui pengaruh ukuran
perusahaan pada earning response
coefficient.
|
Variabel yang digunakan
|
·
Profitabilitas
·
Ukuran Perusahaan
·
Ketepatwaktuan
·
Earnings Response Coefficient
|
Metode penelitian
|
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Pengambilan sampel digunakan
dengan metode nonprobability sampling yang dipilih menggunakan purposive
sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Adapun kriteria pemilihan sampel adalah
sebagai berikut:
1) Perusahaan yang tepat waktu menyampaikan laporan keuangan
secara berturut-turut untuk periode 2012-2014;
2) Perusahaan yang laporan
keuangannya telah diaudit dan disertai dengan laporan auditor independen
untuk periode 2012-2014;
3) Laporan keuangan perusahaan dengan tahun buku
yang berakhir pada periode 31 Desember;
4) Perusahaan tidak mengalami
kerugian selama periode estimasi; 5)Laporan keuangan perusahaan tersebut
menyajikan informasi sesuai dengan variabel yang digunakan dalam penelitian
ini, dan menggunakan mata uang rupiah.
Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Model dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan sehingga membentuk
sistem persamaan. Sistem persamaan ini ada yang menamakan sistem persamaan
simultan atau juga ada yang menyebut model struktural. Mengingat model
tersebut dikembangkan untuk menjawab permasalahan penelitian serta berbasis
teori dan konsep, maka dinamakan model hipotetik.
|
Hasil
|
1) Hasil pengujian menunjukkan variabel profitabilitas memiliki koefisien
regresi positif sebesar 0.570 dengan tingkat signifikansi 0.000 lebih kecil
dari α (5%). Hasil tersebut
menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif pada ketepatwaktuan
penyampaian laporan keuangan.
2) Hasil pengujian menunjukkan variabel ukuran perusahaan memiliki koefisien
regresi positif sebesar 0.420 dengan tingkat signifikansi 0.000 lebih kecil
dari α (5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh
positif pada ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan.
3) Hasil pengujian menunjukkan variabel ketepatwaktuan penyampaian laporan
keuangan memiliki koefisien regresi positif sebesar 0,536 dengan tingkat
signifikansi 0.006 lebih kecil dari α (5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa
ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan berpengaruh positif pada earning response coefficient.
4) Hasil pengujian menunjukkan variabel profitabilitas memiliki koefisien
regresi negatif sebesar -0,419 dengan tingkat signifikansi 0,008 lebih kecil
dari α (5%). Hasil tersebut
menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif pada earning response coefficient.
5) Hasil pengujian menunjukkan variabel ukuran perusahaan memiliki
koefisien regresi positif sebesar 0.692 dengan tingkat signifikansi 0.000
lebih kecil dari a (5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ukuran perusahaan
berpengaruh positif pada earning response coefficient.
|
Kesimpulan
|
1) Profitabilitas perusahaan berpengaruh positif pada ketepatwaktuan
penyampaian laporan keuangan perusahaan. Perusahaan
yang memiliki profitabilitas tinggi dapat dikatakan bahwa laporan keuangan
perusahaan tersebut mengandung berita baik dan perusahaan yang mengalami
berita baik akan cenderung menyerahkan laporan keuangannya tepat waktu.
2) Ukuran perusahaan berpengaruh positif pada ketepatwaktuan penyampaian
laporan keuangan perusahaan. Perusahaan besar cenderung
menjaga image perusahaan di mata masyarakat, untuk menjaga image
tersebut maka perusahaan-perusahaan besar berusaha menyampaikan laporan
keuangan secara tepat waktu.
3) Profitabilitas berpengaruh negatif pada earning response coefficient. Hal
ini menandakan bahwa ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan memediasi
pengaruh antara profitabilitaspadaearning
response coefficient. Investor akan bereaksi positif apabila informasi
profitabilitas dalam laporan keuangan disampaikan tepat waktu. Sebaliknya, investor
akan bereaksi negatif apabila hanya melihat informasi profitabilitas
perusahaan saja.
4) Ukuran perusahaan berpengaruh positif pada earning response coefficient. Hal
ini menandakan bahwa investor akan bereaksi dengan melihatukuran
perusahaannya saja tanpa memperhatikan perusahaan tersebut tepat waktu atau
tidak dalam penyampaian laporan keuangannya.
5) Ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan berpengaruh positif pada earning response coefficient.Semakin tepat perusahaan melaporkan laporan keuangannya, semakin
meningkat keresponan laba perusahaan tersebut
|
Pendapat Mengenai Jurnal
|
Penelitian
ini sudah sangat baik dan jelas penjelasannya dalam membahas tentang menguji
pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap ketepatwaktuan
penyampaian laporan keuangan dan implikasinya pada earning response coefficient perusahaan di Indonesia, khususnya
perusahaan manufaktur. Tetapi terdapat kelemahan dalam penelitian ini yaitu:
·
Penelitian ini hanya
dilakukan pada satu jenis perusahaan saja, yaitu perusahaan manufaktur,
sehingga hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasi untuk semua
perusahaan.
·
Penelitian ini juga hanya
menggunakan perusahaan yang tepat waktu menyampaikan laporan keuangan sebagai
sampel penelitian seharusnya peneliti dapat melakukan penelitian komparatif
dengan memasukkan perusahaan yang tepat waktu dan tidak tepat waktu untuk mengetahui pengaruhnya pada earning
response coefficient.
·
Penelitian ini hanya
menggunakan satu ukuran kinerja keuangan perusahaan, yaitu profitabilitas.
Selain profitabilitas, ukuran kinerja keuangan adalah rasio leverage,
likuiditas dan aktivitas seharusnya peneliti dapat menambah variabel
independen yang termasuk dalam kinerja keuangan dan diduga mempengaruhi earning
response coefficient seperti leverage dan likuiditas.
|
Selasa, 28 Maret 2017
Review Jurnal 9 (Analisis Laporan Keuangan Internasional)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar